Beef Steak saus Lada Hitam with LOCK&LOCK Hard & Light




Menjelang pergantian tahun kemarin, aku dapat email dari mba Ashila, Public Relations dari LOCK&LOCK Indonesia, isi emailnya adalah tawaran untuk ikut mereview produk baru mereka, namanya LOCK&LOCK Hard & Light. 

Apasih LOCK&LOCK Hard & Light ? Dari ulasan singkat dan flyer yang ikut dikirimkan via email ternyata LOCK&LOCK Hard&Light adalah fry pan berkwalitas yang memiliki banyak keunggulan.

Yang pertama adalah Tipis & Ringan, desainnya yang ramping serta mempunyai pegangan yang ergonomis membuat Hard & Light lebih ringan dibandingkan dengan wajan aluminium lain serta dapat mengurangi risiko sindrom CTS (Carpal Tunnel Syndrome). Apasih CTS itu ? CTS adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. 


Yang kedua memiliki lapisan Hard Anodizing + 3 layer lapisan anti lengket. Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya, karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini. Teknologi ini menjadikan kegiatan memasak lebih lebih aman dan makanan lebih sehat. Teknologi Hard Anodizing membuat permukaan Hard&Light tidak berpori, ditambah 3 lapisan premium anti lengket membuat makanan yang kita masak tidak menempel di permukaan.

Kemudian memiliki Finisshing Film Khusus, lapisan film oksida pada permukaannya dapat meningkatkan daya tahan dan membuat wajan lebih mudah dibersihkan. Tahan terhadap goresan dan telah melalui scratch test lebih dari 13.000 kali menggunakan steel cleaning pad (spons alumunium)


Dan terbuat dari 99% Aluminium Murni, menjadikan Hard&Light memiliki retensi serta konduktivitas yang sangat baik. Dengan panas yang merata sehingga hemat energy dan membuat masakan matang dengan merata pula. 

Setelah tahu banyak keunggulan yang dimiliki fry pan yang satu ini, langsung saja aku terima tawaran dari mba Ashila. Karena selama aku menggunakan produk LOCK&LOCK lainnya, kwalitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi dan yang terpenting harganya masih sangat terjangkau ^_^ 

Sebenarnya aku sudah sangat akrab dengan sebagian besar produk-produk dari LOCK&LOCK. Mulai dari box makanan bertutup yang berbahan plastik sampai dengan yang berbahan kaca tahan panas. Untuk yang berbahan plastik biasanya aku gunakan untuk menyimpan bahan makanan yang belum diolah didalam lemari es (chiller dan freezer ). Dan yang berbahan kaca (pinggan tahan panas) sering aku gunakan untuk membuat makanan, misalnya aneka pasta yang dioven ataupun aneka masakan yang dikukus ^_^  



Ngomongin masalah fry pan, aku juga sudah punya 2 buah pan yang sehari-hari dipakai untuk memasak. Hanya saja kedua pan tersebut, baik yang ukuran kecil maupun yang besar, semuanya berat. Apalagi yang besar, benar-benar bisa membuat tangan tambah berotot deh saking beratnya hehehe …. Makanya kalau ngga benar-benar butuh pan yang besar jarang sekali digunakan. Kalau yang kecil memang ngga seberat yang besar, hanya saja lapisannya sudah mulai ada yang tergores dan terkelupas coatingnya. Tadinya sempat lihat-lihat catalog berbagai merek pan, ada beberapa yang ditaksir tapi sayang belum cocok diharga alias kemahalan ^_^

Alhamdulillah ..... pucuk dicinta ulam pun tiba, sedang bimbang untuk membeli pan yang baru tiba-tiba dapat tawaran dari LOCK&LOCK untuk mencoba produk pan terbarunya, LOCK&LOCK Hard&Light ^_^ Begitu kiriman LOCK&LOCK Hard & Light aku terima, langsung kubuka dan wow ….. pas diangkat ternyata super ringan. Beda sekali dengan pan yang sehari-hari kugunakan. Saat itu juga langsung terbayang berbagai resep yang akan kucoba. Untuk yang pertama aku coba membuat Beef Steak saus Lada Hitam ^_^ 


Steak yang kubuat ini ala Gordon Ramsay hanya saja dagingnya aku rendam sebentar dengan parutan buah nanas, supaya hasilnya lebih empuk. Cara membuatnya sangat mudah dan super simple. Untuk tingkat kematangannya aku bikin well done. Biasanya kalau kita makan steak di resto pasti akan ditanya mau tingkat kematangan yang seperti apa ? well done, medium atau rare ? 

Ada beberapa resto steak yang jadi favoritku ... Holycow, Abuba dan Joni Steak. Untuk Holycow dan Abuba buatku harganya lumayan menguras kantong walaupun memang sebanding dengan rasa ^_^ Sedangkan Joni Steak harganya masih lebih bersahabat :) Tapi kalau mau lebih bersahabat dengan kantong mendingan bikin steak sendiri, dijamin puas lahir batin hehehe ...



Mumpung ada pan baru, aku mau membuktikan keunggulan LOCK&LOCK Hard & Light untuk membuat Beef Steak saus Lada Hitam ^_^

Beef Steak saus Lada Hitam
made by Dapoer Lys

Bahan Steak :
  • 1 buah Daging sapi, berat sekitar 225 gr, tebal 2 cm 
  • 2 sdm Olive oil
  • 2 sdm Butter
  • 3 siung Bawang putih, memarkan
  • Nanas, parut 
  • Lada hitam
  • Garam

Bahan Saus Lada Hitam :
  • 1 buah Bawang bombay, iris kecil
  • 2 siung Bawang putih, iris halus (chop)
  • 1 sdt Saus tiram
  • 1 sdm Kecap manis
  • 1 sdm Saus tomat
  • 2 sdt Lada hitam bubuk
  • 1 sdm Margarin
  • 1 sdm Gula pasir
  • 350 ml Air kaldu
  • 1 sdt Tepung maizena
  • Sejumput garam

Bahan Pelegkap :
  • Kentang, goreng
  • Mix vegetable, rebus sebentar
  • Brokoli, rebus sebentar

Cara Membuat  :
  • Rendam daging dengan parutan buah nanas 30 menit. Cukup 30 menit saja, karena kalau terlalu lama daging akan mudah hancur. Di wrap atau tutup rapat dan simpan dalam lemari es.


  • Sembari menunggu daging empuk, siapkan bahan pelengkap. Brokoli dan mix vegetable di rebus sebentar. Dan kentang digoreng. Untuk aku pribadi lebih suka kentang digoreng dengan kulitnya. Jadi cukup cuci bersih kentang kemudian potong empat bagian, lalu goreng sampai matang.



  • Lanjut untuk membuat steak. Daging yang telah direndam dengan parutan nanas dicuci hingga bersih, kemudian taburi daging dengan sejumput garam, kemudian taburi juga dengan sejumput lada hitam dan tuang sedikit olive oil. Ratakan dan tekan-tekan daging agar bumbu meresap. Balik daging, lakukan hal yang sama untuk sisi berikutnya. 


  • Aku kembali menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light. Setelah tadi digunakan untuk menggoreng kentang, cukup tuang sisa minyaknya, kemudian lap dengan tissu dan pan siap digunakan kembali. Tuang olive oil kedalam pan, sambil dipanaskan diatas kompor. Ratakan olive oil keseluruh permukaan pan. Masukan daging kedalam pan, diamkan selama 4 menit. Balik daging, diamkan selama 4 menit. 


  • Masukan butter, dan bawang putih yang telah dimemarkan. Terusakan memasak, lamanya sesuai dengan selera tingkat kematangan yang diinginkan. Jika sudah sesuai selera matikan api dan pindahkan daging kedalam wadah.




  • Lanjutkan untuk membuat saus lada hitam. Cukup lap dengan tisu LOCK&LOCK Hard&Light yang tadi digunakan untuk membuat steak. Kemudian panaskan margarine. Tumis bawang bombay, tambahkan bawang putih tumis sampai harum. Masukan saus tiram, saus tomat, kecap aduk rata. Tuang air kaldu teruskan memasak hingga mendidih.

  • Tambahkan lada hitam, gula pasir, garam dan larutan maizena, aduk rata, setelah mengental matikan api kompor.

  • Beef Steak saus Lada Hitam siap disajikan dengan kentang goreng, mix vegetable dan brokoli :) 



Hari ini judulnya puas lahir batin .... puas makan steak yang rasanya ngga kalah dengan resto *menurutku loh ya* hihihi .... dan yang lebih puas lagi, terbukti LOCK&LOCK Hard&Light punya banyak sekali keunggulan. Ringan banget, jadi untuk membuat steak sangat nyaman ditangan, karena beberapa kali harus sering mengangkat pan supaya daging matang merata dan sempurna. Kemudian anti lengket, setelah untuk menggoreng kentang bisa lanjut membuat steak dan lanjut lagi membuat sausnya, tanpa harus mencuci pan, hanya dilap menggunakan tisu saja bisa langsung digunakan kembali. Dan terbukti anti lengket :) 


setelah digunakan mudah dibersihkan

Sepertinya untuk kedepannya LOCK&LOCK Hard & Light akan sering muncul dalam foto step by step yang selalu ada dalam setiap postinganku ^_^ Untuk Mba Alisha dan LOCK&LOCK, terimakasih banyak sudah diberi kesempatan untuk ikut mereview produk yang sangat berkwalitas ini. Over all aku sangat suka dengan LOCK&LOCK Hard&Light ^_^

Jika teman-teman ada yang ingin memiliki LOCK&LOCK Hard & Light bisa mendapatkannya di beberapa counter supermarket besar. Atau teman-teman bisa juga membelinya secara online di website LOCK&LOCK Indonesia di www.locknlockmall.co.id . Tenang saja walaupun memiliki banyak sekali keunggulan dan dibuat dengan tekhnologi terkini, namun LOCK&LOCK Hard & Light dijual dengan harga yang sangat terjangkau ^_^

Setelah hari ini sukses membuat beef steak, aku ingin kembali "bermain" dengan LOCK&LOCK Hard & Light dengan olahan ikan segar. Tunggu ya postingan berikutnya :) 




HAPPY COOKING ^_^