Sayur Bening Bayam Oyong


Kali ini posting masakan yang gampang bikinnya, murah bahannya dan segar rasanya. Jangan bening alias sayur bening ^_^ Kemarin pas lagi foto-foto sempat ada yang nyeletuk, sayur bening aja diposting, katanya anak TK sambil merem juga bisa bikin … hihihi :) Gak apa-apa ya, namanya juga blog berbagi cerita ^_^

Mungkin ada yang belum paham ya, kok dibilang jangan bening ? Padahalkan jangan itu artinya tidak boleh hehe … Untuk teman-teman yang berasal dari Jawa pasti sudah ngga asing kalau ada yang bilang jangan bening, jangan kangkung dan jangan jangan yang lainnya. Jadi kalau di Purwokerto, dan mungkin juga daerah Jawa pada umumnya, jangan itu artinya sayur :) 

Nah kalau ditempatku sayur bening masaknya pakai kencur. Ada juga didaerah lain yang masaknya pakai kunci. Sebenarnya sama, tergantung kebiasaan aja. Karena sedari kecil sudah terbiasa dengan rasa kencur, jadi kalau pas makan sayur bening yang pakai kunci suka ngerasa agak beda aja dilidah, tapi tetap masuk dan ditelan juga ^_^ 

Sayur bening ini banyak macamnya, isinya tergantung selera, dan kalau aku biasanya tergantung juga sama bahan yang ada :) Bisa bayam, katuk, oyong, wortel, jagung manis dan lainnya. Kalau di kampung biasanya bayam tinggal metik di halaman belakang rumah. Kebetulan Mamaku rajin banget taman apa aja di pekarangan rumah, ada cabe, tomat, bayam, katuk, pisang, pepaya. Dan yang paling sering dipetik pisang, pepaya dan bayam. Apalagi bayam, suburnya minta ampun. Sampai siapa saja yang lewat pasti ditawari untuk metik sendiri. Soalnya sayang kalau ngga dipetik nanti malah berbunga. Alhasil sering banget masak bayam, kadang di bening, kadang di bobor, kadang juga di bikin rempeyek bayam. Udah kayak keluarga popeye aja yah …. ^_^



Sayur bening bayam ini enaknya dimasak mendadak sesaat menjelang disajikan. Kalau sudah agak lama atau sudah dingin biasanya bayam berubah warna, ngga hijau lagi. Oya sayur bayam juga ngga tahan lama, ngga bisa diangetin juga. Jadi aku biasanya masak cukup untuk sekali makan langsung habis saja. Karena kalau sayur bayam diangetin / dipanaskan secara berulang kali bisa mengoksidasi kandungan besi yang ada didalamnya, dan mengubah kandungan besi tersebut menjadi racun.

Selain masalah pemanasan yang berulang kali, masalah penyimpanan juga penting untuk diperhatikan lho. Semakin lama kita menyimpan bayam dalam lemari es akan semakin tinggi kadar nitritnya. Bila bereaksi dengan zat besi pada sel darah merah, bisa menyebabkan hemogoblin kesulitan mengikat oksigen. Akibatnya ? Seluruh jaringan tubuh akan kekurangan oksigen. Jadi pastikan ya jika teman-teman memasak sayur bayam lebih baik sesaat menjelang disajikan, dan hindari memakan sayur bayam yang sudah dihidangkan lebih dari 5 jam ^_^

Nah untuk kali ini aku masak sayur bening bayam dengan campuran wortel dan oyong. Oya ada juga yang menyebut oyong dengan gambas. Dulu waktu belum ngerti sempat bingung juga pas ditawarin makan dirumah teman bilangnya sama sayur gambas, pas sudah dimeja makan baru tahu ternyata gambas itu oyong tho :) 

Wah ternyata panjang banget aku ngocehnya hihihi ... udah ya nanti bosan lagi baca ocehanku yang ngalor ngidul ini. Untuk resep sama dengan sayur bening kebanyakan, hanya aku lebih suka bawangnya diris tipis. Kalau ada yang suka diuleg juga ngga apa-apa, sama saja kok :) 


Sayur Bening Bayam Oyong 
made by Dapoer Lys

Bahan :
  • 1 ikat Bayam hijau, petik ambil daunnya.
  • 1 buah Wortel, iris
  • 1 buah Oyong, iris
  • 1 buah Tomat
  • 2 lier Air

Bumbu :
  • 5 buah Bawang merah, iris tipis
  • 5 siung Bawah putih, iris tipis
  • 4 cm Kencur, di geprak
  • 3 lembar Daun salam
  • 2 sdt Garam
  • 2 sdt Gula pasir

Cara Membuat :
  • Masukan bawang merah, bawang putih dan daun salam ke dalam air, masak hingga air mendidih.

  • Masukan wortel, masak hingga setengah matang.

  • Masukan oyong, masak hingg agak layu kemudian tambahkan garam dan gula pasir.

  • Terakhir masukan bayam, cicipi rasanya jika sudah pas asin dan manisnya sesuai selera, tambahkan tomat, matikan api dan sayur bayam siap untuk dihidangkan. 


    Note :

    • Sayur bayam tidak tahan lama dan tidak bisa dihangatkan. Karena bisa mengoksidasi kandungan besi yang ada didalamnya, dan mengubah kandungan besi tersebut menjadi racun.
    • Hindari memakan sayur bayam yang sudah dihidangkan lebih dari 5 jam.




    HAPPY COOKING ^_^