Nutella Kit Kat Brownies ~ extreme fudgy


Brownies adalah camilan khas Amerika Serikat, teksturnya yang padat dan wujudnya yang pendek bukan karena bantat ya, tapi karena kandungan coklat dan gula yang sangat tinggi dan penggunaan tepung yang sangat sedikit dalam setiap adonannya. Brownies ini renyah diluar dan lengket serta sangat legit (chewy). Itulah sebabnya brownies sengaja dibuat pendek, karena kalau dibuat tinggi seperti cake, tentunya akan sangat sulit memakannya, karena tekturnya yang sangat legit itu ^_^

Ini adalah kriteria brownies berdasarkan tekturnya yang aku petik dari catatan mba Endang (Just Try & Taste)
Setiap orang pasti memiliki kriteria sendiri mengenai tekstur brownies yang mereka suka, apakah memiliki tekstur yang seperti cake (cakey)? Atau padat (fudgy)? Liatkah (chewy)? Atau sedikit remah (crumbly)?

Sepotong brownie disebut fudgy apabila memiliki tekstur yang padat, moist, lengket dengan kandungan coklat yang sangat tinggi di dalamnya. Biasanya brownies jenis ini menggunakan coklat batangan (dark cooking chocolate) dalam jumlah yang cukup banyak dan memiliki tekstur adonan  yang sangat padat dan kental. 

Chewy brownie memiliki tekstur yang moist namun tidak terlalu padat dan selengket rekannya yang fudgy. Brownies jenis ini diperoleh karena penggunaan tepung terigu dengan kadar protein yang lebih tinggi. Tepung dengan kandungan protein yang sedang menghasilkan brownies dengan tekstur yang lebih chewy sedangkan protein yang rendah (tepung untuk cake) menghasilkan brownie dengan tekstur yang lebih remah dan crumbly seperti cake. Selain itu penggunaan telur utuh (putih dan kuningnya sekaligus) juga akan membuat brownie menjadi lebih chewy karena putih telur memberi struktur pada brownie dan sekaligus mengeraskannya. 

Tekstur terakhir brownie adalah cakey. Sesuai dengan namanya yang mengandung unsur cake, maka brownie tipe ini memiliki tekstur mirip dengan cake. Bagian dalam brownie terlihat moist, remah dan sedikit mengembang. Biasanya adonan brownies jenis ini memiliki kandungan mentega yang tidak terlalu banyak, lebih sedikit tepung, dan walaupun umumnya adonan brownie tidak mengandung pengembang, biasanya untuk brownie jenis ini sedikit baking powder ditambahkan untuk membuat teksturnya sedikit lebih ringan seperti cake. 
Nutella Kit Kat Brownies yang aku bikin ini adalah termasuk kriteria fudgy, extreme fudgy malahan. Jadi hasilnya, walaupun diluarnya renyah tapi dalamnya sangat padat, kental dan lengket banget. Beda dengan produk brownies yang sering dijadikan oleh-oleh dari kota Bandung, yang cenderung chewy dan crumbly ^_^ 


 
Resep nutella kit kat brownies ini aku dapat dari mba Penni (Midnite Kitchen) yang juga mengadaptasi resep dari Dana Kitchen. Masih ingat betul dulu waktu pertama kali membuat sempat binggung ditengah jalan, saat masukin telur yang benar kompor harus dalam keadaan mati atau menyala ? Setelah masuk oven masih kepikiran juga, benar apa salah ini buatnya ? Soalnya aku masukin telur dalam keadaan kompor menyala.

Akhirnya daripada penasaran, terpaksa deh malam-malam kontek suhunya, maaf ya mba Penni waktu itu ke ganggu acara malam minggunya hihihi … dan ternyata seharusnya, pada saat memasukan telur, kompor harus mati, tidak dalam keadaan panas, tapi cukup hangat saja, karena kalau kepanasan nanti telurnya matang dan putih telurnya berserabut …. huhuhu ….  ~,~ Aku sempat tanya ke mba Penni, "menurut mba Penni punyaku ini jadinya kayak apa ya ? Nyalain kompor sampai selesai masukin choco chip".  Jawabnya "jadi kok, udah nyante aja, ini mah adonan mentah aja enak apalagi matengnya" haha ngakak tengah malam jadinya …. ^_^

Itulah pengalaman pertamakali membuat brownies. Walaupun ada sedikit kesalahan tapi puas banget. Saking excitednya waktu itu langsung lanjut bikin lagi. Dan untuk hasil yang kedua perfecto tanpa kesalahan. Judulnya puas banget ^_^ Thanks ya mba Penni untuk sharing resepnya, untuk waktunya juga, Browniesnya Enak ! Pokoknya buat yang suka fudgy brownies recommended banget ^_^


Aku mengikuti jejak mba Penni membuat brownies ini dengan bahan premium, pakai full butter Lurpak dan ditambah dengan topping Kit Kat & Nutella. Kebayang dong betapa yummy-nya brownies ini. Apalagi setelah diinapkan semalaman, rasanya lebih nyoklat lagi. Nggak heran dong kalau harga jual brownies ini diatas rata-rata ^_^ Pokonya rasa dan harga jual brownies ini sepadan deh. Kalau orang Jawa bilang "Ono rupo ono rego" yang artinya "Ada kualitas pastinya sesuai dengan harganya"

Yang suka dengan brownies yang fudgy dan mau ikutan bikin monggo ini resepnya, yang nggak mau repot-repot bikin boleh lho pesan ke Dapoer Lys ^_^ 

Nutella Kit Kat Brownies ~ extreme fudgy  
made by Dapoer Lys

Bahan:
  • 145 gr Butter salted
  • 1¼ cups (250 gr) Gula pasir
  • 65 gr Coklat bubuk
  • ¼ sdt Gram
  • 1 sdt Ekstrak vanilla
  • 2 butir Telur ukuran besar
  • ¼ cup (70 gr) Terigu serbaguna
  • ½ cup Chocolate chip

Topping :
  • KitKat
  • Nutella

Cara Membuat :
  • Letakkan rak memanggang pada baris ketiga dalam oven dan panaskan oven pada suhu 165 derajat C.
  • Siapkan loyang ukuran panjang 30 / 28 cm yang telah dialasi kertas roti atau aluminium foil. Olesi dengan minyak, sisihkan.
  • Masukkan mentega, gula, coklat bubuk, dan garam ke dalam mangkuk. Panaskan dengan menggunakan microwave dengan selang waktu 1 menit. Aduk sesekali sampai mentega meleleh dan licin. Atau bisa juga dengan cara memanaskan di atas kompor dengan api kecil.

  • Matikan kompor dan biarkan hangat.
  • Tambahkan ekstrak vanilla dan aduk menggunakan sendok kayu atau spatula. Tambahkan telur satu per satu, aduk dengan kuat.

  • Ketika adonan mulai kental, mengilap dan bercampur rata, masukkan terigu dan aduk sampai betul-betul bercampur. Aduk sekitar 40 kali adukan dengan spatula. 

  • Adonan akan menjadi kental. masukan chocolate chips. Aduk rata.

  • Tuang ke dalam loyang, ratakan. Tata kit kat diatasnya.

  • Panggang selama 20 menit lalu keluarkan dari oven dan beri topping nutella menggunakan plastik segitiga. Kemudian panggang lagi sekitar 10-15 menit, jangan lupa lalukan tes tusuk.


  • Dinginkan, keluarkan dari loyang. Untuk mendapatkan irisan yang rapi, masukkan brownies ke dalam freezer selama 10 menit. Potong sesuai selera dan sajikan.

Note :
  • Perhatikan tingkat kematangan brownies. Lama pemanggangan sesuaikan dengan oven masing-masing. Beberapa orang memerlukan waktu lebih lama sekitar 10-15 menit. 
  • Untuk lebih meyakinkan lakukan tes tusuk. Apabila tusuk gigi / tusuk sate kering tanpa adanya adonan yang masih basah dan cair menempel, maka brownies sudah matang.


 HAVE A NICE BAKING ^^