Tips Mengupas Bawang Putih



Rasanya teman-teman semua terutama yang wanita, pasti tahu bahkan akrab sekali dengan yang namanya bawang putih. Apalagi untuk teman-teman yang sering terjun langsung ke dapur. Bawang putih sendiri adalah bahasa Indonesia, kalau dalam bahasa Inggris = Garlic, Jawa = Bawang, Sunda = Bawang Bodas, Bali = Kasuna, Madura = Bhabang Pote, Lampung = Bawang Handak, Bugis = Lasuna Pute, Timor = Kalfeo Foleu, Ternate = Bawa Bodudo. 

Bawang Putih (Allium Sativum), termasuk tumbuhan berumbi lapis yang sangat familiar untuk kita semua.  Setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah anak bawang atau yang lebih dikenal dengan istilah siung. Dan setiap satu siung bawang putih terbungkus kulit tipis berwarna putih. Anak bawang inilah yang selama ini banyak kita gunakan dalam masakan. Hampir sebagian besar masakan menggunakan bawang putih. Bawang putih seakan jadi rempah wajib untuk masak apa aja. Apalagi untuk masakan Chinesse Food.
 
Berhubung setiap harinya hanya punya sedikit waktu untuk memasak dipagi hari, aku punya kebiasaan setiap seminggu sekali mengupas bawang putih dan bawang merah kemudian ditaruh dalam wadah kedap udara, untuk selanjutnya disimpan dalam kulkas. Tujuannya agar lebih cepat saja pada saat memasak. Jadi gak menyita banyak waktu saat memasak. Maklum pekerjaan sebagai kuli menanti hehehe ^^
 
Nah buat teman-teman yang punya kebiasaan sama seperti aku, mengupas bawang putih dalam jumlah yang agak banyak, apa pernah merasakan panas dan perih yang sangat luar biasa seletah mengupas bawang putih ?  Kalau pernah kita senasib hihihi ~,~
 
Ternyata efek dari mengupas bawang putih, bukan hanya tangan yang lengket terkena getah bawang putih, mata pedih serta bau bawang yang menempel ditubuh saja.
 
Efek lain dari mengupas bawang putih adalah :
  • PERIH DAN PANAS DITELAPAK TANGAN. Semakin banyak bawang putih yang dikupas, akan semakin terasa perih dan panas di tangan. Rasa perih dan panas ditangan bisa sampai berjam-jam bahkan ada yang sampai 2 hari masih terasa sangat panas.
  • KULIT ARI MENGELUPAS. Efek yang lebih parah bisa mengakibatkan kulit ari mengelupas.

Kalau dari pengalaman aku, waktu tangan terasa sangat perih dan panas, aku langsung cuci tangan dengan air bersih terus langsung direndam dengan air es sekitar 30 menit. Walaupun tidak hilang sepenuhnya, tapi sudah tidak terlalu perih dan panas lagi. Sampai siang hari  masih juga terasa perih. Itu saja aku hanya mengupas bawang putih ½ kg. Bayangin aja bagaimana rasanya mereka yang harus mengupas bawang putih setiap hari dengan jumlah yang sangat banyak. Bahkan ada yang berkilo-kilo setiap harinya.
 
Ini ada beberapa tips yang aku rangkum dari beberapa sumber diantaranya dapur onlenqu, agar dikemudian hari, jika teman-teman akan mengupas bawang putih dalam jumlah yang cukup banyak, bisa menyiasatinya dengan hal ini. Selain bisa menghindarkan dari rasa panas dan perih ditangan, juga bisa mempercepat proses mengupas bawang putih.
  • HINDARI MENGGORES DAGING BAWANG PUTIH. Jika mengupas bawang putih, usahakan jangan sampai daging bawang putihnya tergores pisau. Karena getah bawang putih akan keluar dan menempel ditangan. Akibat getah yang menempel ditangan itulah yang membuat telapak tangan terasa panas dan perih. Jadi hindari memotong bagian pangkal atau ujung bawang putih.
  • RENDAM DENGAN AIR DINGIN. Bisa juga dengan merendam bawang putih, sebelumm dikupas. Tak perlu lama-lama cukup beberapa menit saja. Ini bertujuan agar kulit bawang putih lebih lunak dan dapat dikelupas dengan tangan, serta mengurangi getah yang keluar lebih cepat dan lebih banyak.
  • SIRAM DENGAN AIR PANAS. Cara  lainnya adalah dengan menyiramkan air mendidih, diamkan sekitar 5 menit barulah kemudian mengupasnya. Dengan cara ini kulit bawang putih sangat mudah dikelupas walaupun tanpa menggunakan pisau. 
  • KOCOK DALAM WADAH TERTUTUP. Cara lain yang tak kalah mudahnya adalah dengan memasukan bawang putih kedalam wadah tertutup yang berisi air. Diamkan 10 menit, lalu kocok dengan keras dan keluarkan. Kulit bawang akan terkupas dengan sempurna.

Tapi semua efek yang ditimbulkan itu terjadi, hanya jika kita mengupas bawang putih dalam jumlah yang cukup banyak. Kalau hanya sedikit, tenang saja .. gak sampai merasakan perih dan panas yang luar biasa kok. Paling banter mata sedikit perih ^^
 
Semoga semua ini ada manfaatnya buat teman-teman semua. Jika ada masukan yang lebih baik lagi untuk menyiasati timbulnya perih dan panas akibat mengupas bawang putih, boleh lho kita sharing, siapa tahu ada trik yang lebih bagus lagi dan aku juga bisa menggunakannya ^^


Thank you for reading ^^



Foto : Tempo