Konversi Timbangan, Temperatur dan Istilah dalam Resep



Hai teman-teman apa kabarnya ? semoga semua selalu sehat dan senang selalu ya  ^^ Kali ini aku mau membahas tentang koversi takaran. Mengingat ada sebagian teman-teman yang baru mulai belajar membuat kue ada yang bertanya, kira-kira tepungnya berapa gelas ya mba ? soalnya aku belum punya timbangan. Atau ada yang tanya 100 ml itu berapa cc ya mba ? :)
 
Aku juga pernah mengalami hal serupa waktu awal-awal belajar membuat kue. Pas baca resep, ukurannya menggunakan cup. 1 Cup itu berapa gram ya ? karena waktu itu aku juga hanya punya 1 buah alat ukur yakni timbangan konvensional. Kemudian coba browsing dan akhirnya jadi mengerti dengan berbagai macam alat ukur / takar yang sering dipergunakan dalam dunia cooking and baking ^^

Ada beberapa alat ukur yang sering digunakan saat akan membuat kue, diantaranya :
  • Timbangan Konvensional
    Alat ini akurat jika digunakan untuk mengukur berat dengan kelipatan 50 gram (gr) sampai dengan 3 kg. (timbangan ukuran kecil)
  • Timbangan Digital
    Alat ini mempunyai ukuran yang lebih akurat untuk mengukur satuan gr dan ml. Dapat mengukur bahan dari berat 0,1 gr sampai 3 kg (timbangan ukuran kecil). 
  • Gelas Ukur
    Bentuk, bahan ukurannya bermacam-macam, digunakan untuk mengukur bahan cair dengan satuan inch, ml dan ada juga dengan satuan cc dan gr. 
  • Cup
    Sering digunakan dalam penulisan resep negara Eropa dan U.S. Terdiri dari  empat ukuran. Biasanya untuk mengukur bahan seperti tepung, gula dll, dan terdiri dari 4 ukuran mulai 1/4 cup sampai 1 cup.
  • Sendok
    Sama halnya dengan cup, sendok juga sering digunakan dalam penulisan resep negara Eropa dan U.S. Ada beberapa ukuran mulai 1/8 sendok teh sampai dengan 1 sendok makan.

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa membuat kue, tentu tidak asing lagi dengan berbagai macam istilah ukuran takaran yang sering ditemui dalam sebuah resep. Dan sepertinya buat teman-teman yang memang sudah profesional dalam dunia perbakingan adalah sebuah kewajiban untuk memiliki beberapa macam alat ukur / takar tersebut ^^
 
Masalahnya terkadang tidak semua alat ukur / takar yang tertera dalam sebuah resep itu kita miliki. Atau bahkan ada diantara teman-teman yang mungkin tidak / belum memiliki timbangan atau gelas ukur dirumah, karena biasanya dibeberapa daerah masih banyak yang menggunakan ukuran gelas minum (gelas belimbing) dalam resep-resep yang dipakai.
 
Untuk lebih memudahkan teman-teman yang terkendala dengan alat ukur, aku coba rangkum beberapa tabel konversi yang aku dapat dari beberapa sumber dan umum dipergunakan di Indonesia, baik yang tradisional maupun yang Internasional.

CUP / CANGKIR
Takaran cup atau cangkir ini yang paling sering muncul dalam berbagai resep. Apalagi jika referensi resep yang kita dapat dari blog / web luar negeri (Eropa dan U.S. terutama). Cup yang dimaksud tentunya berbeda dengan gelas atau cangkir yang biasa kita gunakan untuk minum. Cup adalah satuan takaran yang sering digunakan di negara barat. Dan ternyata takaran Cup Amerika dengan takaran cup di Inggris jumlahnya tak sama, ada sedikit perbedaan. Biasanya terdiri dari 4 ukuran mulai 1/4 cup sampai 1 cup. Namun ada juga ukuran 1/8 cup.

Tabel konversi Cup / Cangkir ke Gram (Eropa) :



Tabel konversi Cup ke Liter dan Gram (Takaran Amerika / U.S.) : 

Konversi Cup ke Liter

Susu cair/air/santan/minyak/mentega cair:
1 cup = 250 ml
1/2 cup = 125 ml
1/4 cup = 62,5 ml


Konversi Cup ke Gram 

Tepung terigu serba guna dan gula bubuk:
1/8 cup = 15 grams
1/4 cup = 30 grams
1/3 cup = 40 grams
3/8 cup = 45 grams
1/2 cup = 60 grams
5/8 cup = 70 grams
2/3 cup = 75 grams
3/4 cup = 85 grams
7/8 cup = 100 grams
1 cup = 110 grams

Mentega (butter) dan margarine:
1/8 cup = 30 grams
1/4 cup = 55 grams
1/3 cup = 75 grams
3/8 cup = 85 grams
1/2 cup = 115 grams
5/8 cup = 140 grams
2/3 cup = 150 grams
3/4 cup = 170 grams
7/8 cup = 200 grams
1 cup = 225 grams

Coklat bubuk:
1/8 cup = 15 grams
1/4 cup = 30 grams
1/3 cup = 40 grams
3/8 cup = 45 grams
1/2 cup = 60 grams
5/8 cup = 70 grams
2/3 cup = 75 grams
3/4 cup = 85 grams
7/8 cup = 100 grams
1 cup = 125 grams

Gula pasir
1/8 cup = 30 grams
1/4 cup = 55 grams
1/3 cup = 75 grams
3/8 cup = 85 grams
1/2 cup = 115 grams
5/8 cup = 140 grams
2/3 cup = 150 grams
3/4 cup = 170 grams
7/8 cup = 200 grams
1 cup = 225 grams 


GELAS BELIMBING, SENDOK MAKAN & SENDOK TEH
Ada beberapa teman-teman di daerah yang masih terbiasa menggunakan ukuran gelas belimbing. Seperti halnya di kampung halamanku, aku masih ingat betul dulu sering membuat cake dengan ukuran gelas belimbing :) Walaupun di rumah ada timbangan, tapi tetap saja beberapa resep yang didapat dari tetangga ada yang menggunakan ukuran gelas belimbing.

Sedangkan untuk sendok makan (Tbsp) dan sendok teh (Tsp) yang dimaksud disini berbeda dengan sendok yang biasa kita gunakan sehari-hari. Tetapi sendok yang menggunakan ukuran Internasional dengan ukuran yang lebih besar. Ada beberapa ukuran mulai 1/8 sendok teh sampai dengan 1 sendok makan.

Tabel konversi Gelas Belimbing & Sendok Teh ke Gram :



Tabel konversi Sendok Makan ke Gram :
 


TELUR
Di beberapa resep ada takaran telur yang tidak menggunakan ukuran satuan (butir) melainkan menggunakan ukuran gram. Misalkan 125 gram putih telur atau 75 gram kuning telur. Biasanya telur yang digunakan dalam sebuah resep itu ukuran normal atau sedang. 


UKURAN DASAR / UKURAN VOLUME BAHAN
Ini adalah takaran dasar yang juga sering dipertanyakan. Terkadang ada beberapa teman yang tanya 100 ml itu berapa cc ya mba ? Padahal cc dan ml itu sama :) Dan ada lagi takaran lain yang sering muncul di resep dari situs luar adalah Ounce. Ounce ini berbeda dengan Ons ya :)

Konversi ounce ke grams/liter: 
1 ounce/oz (bahan kering) = 28,35 grams
1 ounce/oz (cairan) = 29,57 ml
 

SUHU OVEN
Konversi yang satu ini juga termasuk sering sekali ditanyakan. Kebetulan oven yang aku gunakan adalah oven listrik. Jadi terkadang ada juga beberapa teman yang tanya, kalau pakai otang (oven tangkring) apinya besar atau kecil ya mba ? Mungkin tabel konversi suhu oven ini bisa membantu teman-teman yang menggunakan oven tangkring, walaupun mungkin tidak tepat sekali tapi paling tidak bisa menjadi patokan  ^^


ISTILAH / SINGKATAN dalam RESEP
Selain konversi timbangan dan temperatur oven, istilah / singkatan dalam sebuah resep terkadang juga membuat kita bingung, apalagi untuk pemula. Seperti aku dulu, kalau ingat masih suka ketawa sendiri. Jadi ceritanya pas mau bikin kue di resep tertulis 1 bks SKM. Kalau bks aku tahu maksudnya adalah bungkus. Tapi SKM ? aku pikir itu adalah nama bahan kue seperti TBM atau SP. Nah begitu sampai toko aku bilang ke penjual, "mas ada SKM ga?" si penjual menjawab "gak ada mba", aku tanya lagi "mas SKM apa sih?" si penjual jawab "ga tau lho mba" begitu berlalu dari toko tersebut ditengah jalan aku browsing cari tahu apa itu SKM dan ternyataaaaaa SKM adalah Susu Kental Manis ... oalah tepok jidad sendiri jadinya ^^

Nah ini ada beberapa istilah yang kerap muncul dam sebuah resep : 
  • sdm = sendok makan
  • sdt = sendok teh
  • gr = gram
  • kg = Kilogram
  • btg = batang
  • bks = bungkus
  • btr = butir
  • ml = milliliter
  • skm = susu kental manis
  • gulpas = gula pasir

Semoga konversi ukuran / takaran diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman yang masih belum memiliki alat ukur / takar yang lengkap. Oh ya .. jika teman-teman mengukur menggunakan cup atau sendok, ingat selalu untuk meratakan bagian permukaan. Bisa menggunakan pisau atau jari tangan. Biasanya kalau kita beli cup atau sendok sudah diikat menjadi satu dan ada tambahan pisau untuk meratakan permukaan cup atau sendok tersebut. 

Konversi diatas hanyalah patokan, tidak tepat 100%. Menurut aku tetap saja timbangan digital yang terbaik, lebih akurat bila dibandingkan cup, sendok ataupun gelas belimbing :)

Satu hal lagi, takaran terbaik adalah hati dan cinta ^_^ Membuat makanan apapun jika kita menakarnya dengan hati dan cinta pasti hasilnya akan sangat enak :)


Happy Cooking & Baking




Source : 

Photo :