Chiffon Cake Ketan Hitam



Chiffon Cake Ketan Hitam ^^ Yup .... Ini pertama kali aku coba membuat chiffon cake. Untuk pemula seperti aku, hasilnya not bad laaah hehehe. Walaupun masih jauh dari rasa puas namun mengingat banyak pengalaman teman yang gagal saat mengeksekusi cake yang satu ini, aku cukup bersyukur chiffon cake yang aku buat "sukses" ^^

Dari pengalamanku membuat chiffon cake ini, ada beberapa point yang aku catat. Pertama masalah loyang. Aku dengan PD-nya memakai loyang chiffon cake bongkar pasang berkaki, tanpa mempertimbangkan masalah kebocoran :) Alhasil setelah masuk kedalam oven barulah aku sadar dan tepok jidad sendiri, bahwa adonan dapat menembus dasar loyang bongkar pasang. Seharusnya agar tidak bocor loyang dilapisi dengan aluminium foil ^^

Kedua masalah bahan. Dengan santainya mengganti gula kastor dengan gula halus tanpa melihat referensi yang ada, apakah dengan mengganti gula kastor dengan gula halus akan mempengaruhi rasa, tingkat mengembangnya adonan, ataupun tingkat kelembutan cake, namun cake yang aku buat hasilnya baik-baik saja. Mungkin nanti akan tahu perbedaannya jika aku sudah mencoba membuat kedua kalinya dengan tetap menggunakan gula kastor ^^


Itulah sekelumit cerita tentang kenekatan aku dalam membuat chiffon cake. Hanya berbekal resep yang ada, lihat caranya, lihat bahannya dan kebetulan ada semua, langsung eksekusi tanpa membaca referensi dari teman-teman yang lain. Padahal referensi itu penting, guna mengantisipasi kesalahan, contohnya masalah loyang tadi ^^

Kembali kemasalah chiffon cake ketan hitam yang aku buat ini. Aku menggunakan resepnya Ibu Fatmah Bahalwan. Didalam resep tertulis menggunakan loyang chiffon diameter bawah 24 cm tinggi 12 cm. Tapi berhubung oven yang aku miliki ukurannya kecil maka aku gunakan loyang dengan diameter bawah 18 cm dan tinggi 10 cm, dan sisa adonan yang ada aku buat dalam bentuk cup cake ^^

Sebenarnya proses pembuatan chiffon cake ini gampang kok, asal kita sudah bisa memahami cara mengocok adonan dengan baik pasti hasilnya juga akan bagus. Adonan dalam chiffon cake ini dibagi menjadi dua bagian, yakni adonan kuning telur dan adonan putih telur. Adonan kuning telur dikocok hingga kental. Sedangkan untuk adonan putih telur dikocok hingga kaku berbusa, cirinya adalah ketika mangkuk adonan dibalik adonan tidak akan tumpah. 

Gampangkan cara mengocok adonannya, yuk yang mau coba membuat Chiffon Cake Ketan Hitam monggo ini resepnya :

Chiffon Cake Ketan Hitam
Made by Dapoer Lys

Adonan Kuning Telur :
  • 160 gr kuning telur (5 kuning telur)
  • 75 gr gula kastor (aku gunakan gula halus)
  • 1 sdt vanilla (aku gunakan extract vanilla)
Adonan Putih Telur :
  • 240 gr putih telur (8 putih telur)
  • 125 gr gula kastor (aku gunakan gula halus)
  • 1/2 sdt garam
Campuran tepung, campur jadi satu :
  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung ketan hitam
  • 1 sdt BPDA (baking powder double acting)
Campuran Santan :
  • 150 ml santan kental instant
  • 3 sdm minyak sayur

Cara Membuat :
  • Panaskan oven 160 C
  • Kocok bahan adonan kuning telur hingga kental, kemudian sisihkan
  • Kocok adonan putih telur hingga kaku.
  • Campur adonan putih telur kedalam adonan kuning telur, aduk hingga rata.
  • Ayak campuran tepung kedalam adonan diatas, aduk hingga rata.
  • Masukan campuran santan, aduk balik hingga tercampur rata.
  • Tuang adonan kedalam loyang chiffon diameter bawah 24 cm dan tinggi 12 cm tanpa dioles apa-apa. Panggang selama 90 menit pada suhu 160 C.
  • Keluarkan kue dari dalam oven. Panas-panas balikan loyang. Jika menggunakan loyang yang tanpa kaki bisa disangga dengan botol. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  • Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga didasar kue. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate bila diperlukan. Balik kue.
 
  • Chiffon Cake Ketan Hitam siap disajikan ^^

Note :
  • Jika menggunakan loyang chiffon cake bongkar pasang, lapisi loyang dengan aluminium foil untuk mencegah kebocoran.
  • Ciri-ciri adonan putih telur yang kaku adalah, ketika mangkuk adonan dibalik adonan tidak akan tumpah.


HAVE A NICE BAKING