Tahu Lapis Kukus


 

Happy long weekend teman-teman ^^ Mungkin masih banyak yang belum kembali dari liburannya diluar kota, selamat menikmati liburannya ya ... Berhubung sudah hampir empat hari ini aku terserang flu dan radang tenggorokan jadi cukup di Jakarta aja menikmati lenggangnya jalanan Ibu Kota ^^

Selama terserang flu dan radang, sebisa mungkin aku menghindari yang namanya goreng-gorengan dan masakan yang  menggunakan minyak. Sudah hampir empat hari juga selalu memasak menu masakan yang serba dikukus. Dan untuk kali ini aku mau berbagi tentang Tahu Lapis Kukus yang kumasak.

 

Aku selalu suka dengan variasi olahan tahu. Makanya pas pertama kali lihat resep ini di Sashy Little Kichen yang juga mengadaptasi resep dari Table for 2.... or more aku langsung suka. Walaupun belum ngerasain tapi sudah kebayang yummynya ^^

Oya .. cerita sedikit tentang tahu. Dulu waktu masih tinggal didaerah tepatnya di Purwokerto, yang namanya tahu itu rasanya enak banget. Gak pernah ada rasa asem atau kecut didalam tahu. Walaupun cuma digoreng biasa aja, dimakan pas anget-anget dicocol pake sambel kecap rasanya udah enak banget. Tapi setelah hijrah ke Jakarta kok rasa tahu beda ya .... Di Jakarta sering banget nemuin tahu yang rasanya asem atau kecut. Kalaupun rasanya tidak asem ataupun kecut, tahunya gak seenak waktu di kampung halaman ... Makanya selama di Jakarta aku lebih suka tahu yang dimasak variasi daripada hanya digoreng thok. 


Nah .. buat yang mau mencoba resep ini, pastikan tahunya benar-benar fresh dan tidak asem ataupun kecut ya. Sayangkan kalau nantinya malah merusak cita rasa Tahu Lapis Kukus yang sangat enak ini. Untuk jenis tahunya bisa menggunakan tahu apa saja, tidak harus tahu sutera seperti yang aku masak.

Selain sehat dan enak, tahu lapis kukus ini mudah kok cara pembuatannya. Buat yang mau mencoba ini resep dan tahapannya :

Tahu Lapis Kukus
Made by Dapoer Lys

Bahan :
  • 1 buah Tahu (aku pakai tahu sutera)

Bahan Isian / Lapisan :
  • 150 gr Ayam, cincang
  • 50 gr Udang, cincang
  • 2 buah Jamur Campingnone, cincang kasar (aku pakai Jamur Shitake)
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1/2 sdt Minyak wijen
  • 1 sdm Tepung maizena
  • 1 butir Telur, kocok lepas


Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kecuali telur, aduk rata. Masukan Telur sedikit demi sedikit sampai dirasa pas (tidak terlalu encer)
  • Sementara siapkan kukusan. Iris tahu menjadi dua bagian kemudian tata didalam dasar pinggan tahan panas. Berhubung pinggan yang aku gunakan ukurannya agak besar maka aku menggunakan 2 buah tahu sebagai tambahan untuk memenuhi pinggan )
  • Tambahkan 3 sendok isian / lapisan diatas tahu yang telah ditata dalam pinggan. ratakan dengan sendok.
  • Lapisi lagi dengan irisan tahu kedua, kemudian taruh lagi isisan / lapisan tahu sampai semua habis. Dan lapisan yang paling atas adalah adonan daging.
  • Kukus dalam kukusan yang telah dipanaskan selama 20 menit (hingga seluruh lapisan matang)


Bahan Saus :
  • 3 siung Bawang putih, memarkan 
  • 1/2 buah Bawang Bombay
  • 150 gr Saus tomat
  • 5 buah Cabai rawit (optional)
  • 1 sdm Kecap inggris
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • 1 1/2 sdt Gula pasir
  • 500 ml Air
  • 2 1/2 sdt Tepung sagu, larutkan dengan 2 sdm air
  • 1/2 sdt Cuka
  • 1 sdm Minyak goreng, untuk menumis (aku pakai margarine)


Cara Membuat Saus :
  • Panaskan margarine. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  • Masukan cabai, saus tomat, merica bubuk, kecap inggris dan gula pasir. Aduk rata.
  • Tuang air, masak hingga mendidih. Masukan larutan tepung sagu, masak sampai mengental. Masukan cuka, aduk rata. Angkat.

 

  • Siramkan saus diatas tahu lapis yang sudah matang. Dan tahu lapis kukus siap dihidangkan selagi hangat.

Note :
  • Pastikan tahu yang digunakan masih fresh, tidak asem ataupun kecut

HAVE A NICE COOKING