KFC Baked Chicken



Siapa yang tak suka dengan ayam goreng Amerika atau yang lebih dikenal dengan istilah fried chicken ? Rasanya hampir semua anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun menyukai makanan cepat saji yang satu ini. Rasa gurih dari fried chicken membuat kita semua senang untuk menyantapnya. Tak heran jika diberbagai gerai fast food atau restoran cepat saji yang menyajikan ayam goreng Amerika alias fried chicken ramai dikunjungi.

Sayangnya, makanan tersebut bukanlah makanan sehat. Kandungan lemak yang membuat seseorang menderita kolesterol tinggi dan obesitas, belum lagi bahan tambahan yang dapat merusak tubuh serta sangat sedikitnya serat adalah beberapa hal yang membuat makanan ini tidak dianjurkan untuk kesehatan.

Proses pembuatan fried chicken juga menjadi alasan penting mengapa akhirnya fried chicken dijuluki junk food atau makanan sampah. Berbagai gerai fast food atau restoran cepat saji, memasak dengan menggunakan minyak goreng yang memiliki titik didih tinggi. Minyak seperti ini mengandung banyak kolesterol. Dan untuk mendapatkan kulit ayam yang kering tapi bagian dalamnya tetap nikmat, ayam digoreng dengan menggunakan deep frying pada suhu tinggi. Teknik ini membuat minyak semakin terserap ke dalam daging ayam, bisa mencapai 65%.



Itulah sekelumit tentang betapa tidak sehatnya fried chicken yang kini banyak beredar diluar sana yang aku rangkum dari sebuah artikel kesehatan. Semoga kita semua semakin bijak memilih asupan yang tepat untuk tubuh kita ^^

Tapi namanya juga manusia ya.... terkadang aku juga rindu untuk makan fried chicken ... huhuhu. Nah buat yang membatasi diri mengkonsumsi fast food alias makanan cepat saji seperti aku .... mungkin bisa mencoba resep yang satu ini, KFC Baked Chicken ^^ Resep ini aku ambil dari Cookpad milik Deanna Pearson

Praktis, simple dan pastinya jauh lebih sehat. Proses memasaknya tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan dipanggang. Konon katanya sih the real KFC itu memang dipanggang bukan digoreng seperti sekarang ini ^^

Rasanya gak jauh beda sama fried chicken yang banyak bertebaran di mall kok ^^ Aku justru lebih suka yang dipanggang ini selain lebih sehat pastinya juga rasanya lebih enak menurutku.

Proses memasaknya walau terbilang amat sangat simple gak pake ribet, tapi memang memakan waktu yang agak lama. Karena ada proses dimana daging ayam yang akan dimasak, direndam terlebih dahulu dengan susu cair selama minimal 30 menit, lebih lama lebih bagus karena rasa daging ayamnya makin gurih setelah matang, setelah itu dilumuri tepung yang telah dibumbui baru kemudian dipanggang selama 40 menit.

Yang mau mencoba buat KFC Baked Chicken monggo, ini resepnya :


KFC Baked Chicken
made by Dapoer Lys

Bahan :
  • 1 buah Dada ayam tanpa tulang
  • Susu UHT secukupnya, untuk merendam
  • Butter secukupnya, untuk mengoles loyang
Bahan Tepung :
  • 200 gr Tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt Garam
  • 3/4 sdt Merica bubuk
  • 1 sdm Season All
  • 2 sdm Paprika (cabai bubuk)
Cara Membuat :
  • Rendam ayam dalam susu minimal 30 menit (lebih lama lebih bagus, karena dagingnya semakin gurih rasanya setelah matang)
  • Panaskan oven 200 C. dan cairkan butter didalam loyang sampai rata menyeluruh.
  • Campur semua bahan tepung. Angkat ayam dari rendaman susu, lumuri dengan tepung yang telah dicampur bumbu.
 
  • Panggang selama 20 menit.
      • Angkat dan balik lalu panggang kembali selama 20 menit lagi, sampai matang seluruhnya.

          Note :
          • Daging ayam yang digunakan lebih enak untuk bagian dada. Tapi bisa juga menggunakan bagian yang lain seperti sayap maupun paha.

          Yang terpampang difoto hanya tinggal sayapnya, coz dadanya udah keburu dicaplok sebelum didokumentasikan ^^



          HAPPY COOKING ^^