Semur Cumi Isi Telur


Semur cumi isi telur, ini salah satu menu dari beragam menu yang sering dimasak mamaku di warung makan beberapa tahun yang lalu .... aih ngomongin warung jadi inget jaman masih suka ngerecokin diwarung ^^ 

Punya usaha warung makan itu capenya luar biasa. Dari sebelum ayam jago berkokok sampai larut malam kerjaan gak ada selesainya. Dari melek mata sampai mau nutup mata kerjaannya mengolah makanan terus. Tapi buat yang memang hobi masak seperti mamaku, tetap enjoy menikmati semuanya. Memang betul, kalau kita bekerja sesuai dengan passion pasti rasanya sangat menyenangkan dan gak terasa lelah ^^

Tapi sekarang warung itu tinggal kenangan. Berhubung mama udah sepuh akhirnya warung makan ditutup. Sebenarnya sayang banget gak ada yang bisa melanjutkan usahanya. Kalau dipikir-pikir harusnya aku yang melanjutkan usaha itu. Selain darah hobi masaknya menurun ke aku, dari kecil aku udah mulai diarahkan untuk bisa mengerti menjalankan usaha warung makan. Diajarin memasak beragam menu, mengatur menu yang akan dihidangkan tiap harinya, dan sering diajak kepasar sampai akhirnya pas jaman SMA kalau libur sekolah sering disuruh kepasar sendiri, sampai akhirnya hafal seluk beluk pasar dan tempat langganan mamaku biasa belanja. Tapi setelah lulus sekolah kok aku malah terlena kerja kantoran ... huhuhu ^^

 

Lho kok jadi panjang ngomongin warungnya ... yuk ah kembali ke semur cumi isi telur yang aku masak. Sebenarnya semur itu identik dengan manis. Tapiiiiii lagi-lagi berhubung aku doyan pedas pake banget, jadinya semur yang manis pedes gurih .. Gak tanggung-tanggung aku pakai sepuluh cabai rawit merah alias cabai gila, tapi itu optional kok. Buat yang gak suka pedas atau buat yang punya sikecil cabainya di skip / hilangkan aja.

Untuk isinya, aku pakai telur kocok yang aku campur dengan daun bawang. Tapi lagi-lagi ini sesuai selera aja. Kalau mamaku dulu telurnya polosan tanpa daun bawang, karena gak semua orang suka daun bawang katanya. Kalau aku daun bawang itu judulnya kudu ^^ Untuk airnya aku pakai agak banyak, tujuannya sih biar bumbunya meresap dan cuminya gak alot lagi. Jadi pas dimakan itu rasanya nendang banget deh. Manis gurih dan cuminyapun empuk banget. 

Sebelum keburu ngelantur ngalor ngudul gak jelas ... yang mau coba semur cumi isi telur monggo ini resepnya :

Semur Cumi Isi Telur
Made by Dapoer Lys

Bahan :
  • 3 buah Cumi 
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/4 sdt Merica bubuk
  • 1/4 sdt Gula pasir
  • 10 buah Cabai rawit, iris kasar (optional)
  • 4 sdm Kecap manis
  • 2 butir Telur, kocok lepas
  • 1 batang Daun bawang, iris kecil (optional)
  • 300 ml air
  • 1 sdm Margarine, untuk menumis

Bumbu halus :
  • 3 buah Bawang putih
  • 6 buah Bawang merah
  • 4 butir Kemiri

Cara membuatnya :
  • Kocok telur, masukan irisan daun bawang. 
  • Masukan kocokan telur kedalam cumi kemudian dijepit menggunakan tusuk gigi, agar telurnya tidak tumpah.

  • Kukus cumi yang telah diisi telur kurang lebih 10 menit.
  • Panaskan margarine, tumis bumbu halus sampai harum, masukan cabai, kemudian tuang air, masukan merica, garam, gula pasir dan kecap.

  • Masukan cumi masak hingga air mengental dan bumbu meresap.

  • Angkat dan semur cumi isi telur siap dihidangkan.

Selagi hangat disantap dengan nasi yang juga hangat, rasanya ... nom nom nom nambah nasi ^^

Note :
Pilih cumi yang masih segar, kulit cumi masih nempel dan warnanya juga masih bagus, badan cumi masih kenyal belum berlendir. Dan jangan lupa bersihkan bagian dalamnya hingga bagian ujung. Karena suka ada teri dan sebagainya dibagian ujung cumi.


HAVE A NICE COOKING