Rotiboy Wannabe




Maksud hati sih ingin membuat Rotiboy, tapi berhubung gak nge-boy banget jadilah Roti Boy Wannabe ^^  Rotiboy a.k.a Mexican Coffee Buns sebenarnya roti favoritku. Sebagai mantan pecinta kopi, aroma kopi dari Rotiboy tentunya sangat mengundang selera. Setiap melewati gerai Rotiboy pasti langsung hmmmm .... terbius oleh aroma kopinya ^^

Setelah sempat berselancar di lapaknya mbah gugel akhirnya aku coba buat pakai resepnya Mba Hesti. Untuk proses pembuatannya terbilang mudah, hanya butuh waktu untuk fermentasi adonan roti saja yang agak lama.



Step by stepnya coba aku ikuti, dari mulai mencampur fermipan dengan air hangat sebanyak 150 ml, membuat adonan rotinya hingga elastis alias kalis, sampai proses pembuatan topingnya hingga akhirnya dipanggang.

Setelah panggangan pertama diangkat dan coba dicicipi kok kurang nge-boy ya .... kurang berasa aroma kopinya, toppingnya kurang krispi dan tekstur rotinya kurang ringan atau kopong kayak Rotiboy yang biasa aku makan. 

Untuk masalah rasa enak ! Rotinya lembut banget. Kalau menurut aku malah cocoknya untuk roti isi daging ^^ Dan memang seperti apa kata Mba Hesti, resep ini bisa jadi untuk 3 jenis roti yakni Rotiboy, Roti Sobek Pizza dan Roti Keju. 


Dan setelah aku bawa ke kantor menurut teman-teman rotinya enak, empuk dan lembut, hanya memang katanya rasanya jauh dari Rotiboy hehehehe .... Overall aku suka dengan hasilnya walaupun gak nge-boy banget. Eit tapi jangan nyalahin Mba Hesti ya ...  mungkin akunya lho ya yang masih kurang bener cara buatnya. Next time aku mau coba lagi sampai benar-benar bisa buat Rotiboy yang benar-benar nge-boy ^^

Yuk yang mau coba buat ini resepnya yang aku ambil dari Hesti's Kitchen

Rotiboy 
Made by Dapoer Lys

Bahan Roti :
  • 400 gr Terigu protein tinggi (aku pakai Cakra)
  • 200 gr Terigu protein sedang (aku pakai Segitiga Biru)
  • 120 gr Gula Pasir
  • 1 sachet Ragi instant (aku pakai Fermipan)
  • 2 sdm Susu bubuk (aku pakai Dancow)
  • 3 Kuning telur
  • 1 sdt Garam halus
  • 75 gr Margarin
  • 300 ml Air hangat

Bahan Isi :
  • Butter salted secukupnya, bekukan potong kubus kecil atau sekitar 5 gram (aku pakai Anchor)

Toping Kopi :
  • 50 gr Butter
  • 40 gr Gula halus
  • 38 gr Telur kocok (aku pakai 1 butir)
  • 1 sdt kopi instant dilarutkan dengan 1 sdt air hangat (aku pakai Nescafe classic)
  • 50 gr Terigu protein sedang (aku pakai Kunci Biru)
  • Bubuk kayu manis, sedikit (optional)

Cara Membuat :
  • Masukan ragi instant kedalam 150 ml air hangat. Tambahkan 1/2 sdt garam halus aduk rata dan diamkan selama 15 menit sampai berbuih.
  • Campur semua bahan kering. Terigu, gula dan susu bubuk kedalam wadah dan aduk rata.
  • Masukan kuning telur, lalu mulai mengocok menggunakan mixer spiral. Masukan sisa air hangat 150 ml dan ragi instant sambil terus dimixer sampai adonan agak rata. Masukan garam dan margarin sambil terus dimixer sampai adonan elastis / kalis.
  • Fermentasikan selama kurang lebih 30 menit, tutup dengan kain lembab dan letakkan di tempat yang hangat (dekat magicom)
  • Setelah mengembang 2X lipat, kempeskan adonan dan timbang masing-masing 40 gr.
  • Ambil satu bagian adonan, beri isi butter yang sudah dibekukan, tutup rapat jangan sampai bocor. Bentuk bulat dan letakan diatas loyang yang sudah diolesi mentega
  • Fermentasikan kembali selama kurang lebih 45 menit atau sampai mengembang 2X lipat.

  • Sementara sambil menunggu adonan kembali mengembang, mulai membuat toppingnya.
  • Toping kopi : kocok butter dan gula halus sampai lembut, tambahkan telur, larutan kopi, kocok rata. Masukan tepung terigu dan sedikit bubuk kayu manis. Taruh dalam piping bag dan simpan dalam lemari es (kulkas)
  • Setelah adonan mengembang 2X lipat, semprotkan bahan topping di atasnya melingkar rapat seperti obat nyamuk, dimulai dari atas ke bawah.
  • Panggang dengan suhu 200 C selama 12 menit. Aku menggunakan pemanasan api atas dan bawah.

 

Note :
  • Satu resep jadi 22 buah roti
  • Setelah dingin, roti dapat disimpan dalam wadah kedap udara, dan disimpan dalam lemari es. Pada saat akan disajikan, oven kembali dengan suhu 200 C selama 5-7 menit.
  • Dalam membuat adonan roti bisa menggunakan mixer spiral / mixer roti atau bisa juga diuleni menggunakan tangan saja hingga adonan elastis / kalis
  • Jika menggunakan oven listrik, panaskan dahulu oven selama 7 menit sebelum digunakan untuk memanggang.




Selamat Mencoba
HAVE A NICE BAKING